Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Kelebihan Permainan Lego Dibandingkan Permainan Lain

Saat ingin mengenalkan dunia permainan kepada si kecil, maka ada baiknya untuk memilih jenis permainan yang edukatif. Permainan Lego adalah pilihan yang paling tepat. Dengan begitu, anak-anak tentu dapat bermain sekaligus belajar. Tentu saja, tidak akan khawatir lagi membiarkan si kecil bermain lebih lama.

Apa Saja Kelebihan Permainan Lego?

Jika dibandingkan dengan permainan yang lainnya, permainan lego yang satu ini terbilang memiliki banyak kelebihan. Tentu, tidak salah jika Anda memilih mainan yang satu ini daripada yang lainnya. Di bawah ini beberapa kelebihan dari permainan tersebut:

1. Membantu Mengembangkan Imajinasi

Saat Anda mengenalkan permainan lego kepada si kecil, maka akan ada banyak kelebihan yang dapat diperoleh. Salah satunya adalah dengan mengembangkan imajinasi anak. Nantinya, si kecil dapat berimajinasi lebih banyak dalam merancang dan menyusun kepingan lego.

Permainan Lego

Lego juga dapat membantu menumbuhkan kreativitas si kecil sehingga tentu akan sangat bermanfaat jika dimainkan. Tidak heran jika permainan ini sangat cocok dan mendukung pada tahap tumbuh kembang si kecil. Tentu saja, akan sangat sayang jika tidak memiliki permainan ini di rumah untuk anak.

2. Melatih Anak Memecahkan Masalah

Selain dapat membantu mengembangkan imajinasi, si kecil juga dapat berlatih memecahkan masalah ketika bermain lego. Pasalnya, anak akan berpikir lebih dalam mengenai bagaimana cara menyusun setiap kepingan lego agar menjadi bentuk yang diinginkan.

Anak nantinya juga akan lebih percaya diri ketika mereka berhasil menyusun setiap kepingan lego tersebut berdasarkan pemikiran sendiri. Jika sudah berhasil menyusun lego tersebut, maka ada baiknya Anda memberikan apresiasi berupa dukungan atau ucapan selamat pada anak agar mereka lebih senang.

3. Mengembangkan Kemampuan Bermain

Kelebihan lain yang diperoleh dari permainan ini adalah dapat membantu mengembangkan kemampuan bermain peran dan bercerita pada anak. Mereka dapat melepaskan berbagai bahasa dan kosa kata saat memainkan lego yang satu ini. Oleh karena itu, jangan ragu mengenalkan lego pada anak.

Anda juga dapat menyempatkan waktu untuk mendampingi si kecil dalam memainkan lego tersebut. Kemudian, ajak anak bercerita lebih dalam mengenai apa yang sedang ia lakukan dengan lego. Hal itulah yang nantinya akan mengembangkan kemampuan bermain si kecil.

4. Mengasah Kemampuan Tematik

Meski terlihat sepele, kenyataannya memainkan lego dapat mengasah kemampuan si kecil. Anda dapat membuat anak lebih banyak mengenal tentang matematika atau pengetahuan lainnya. Akan tetapi, tetap saja diperlukan pendampingan ketika si kecil memainkan lego ini.

Selain itu ketika si kecil memainkan lego, maka akan ada efek baik jangka panjang yang dapat diperoleh. Hal ini dapat dilakukan pada anak yang berusia di bawah lima tahun. Memainkan lego juga dapat dilakukan pada anak yang sudah memasuki usia pra sekolah.

5. Mengembangkan Keterampilan Anak

Berdasarkan penelitian, anak-anak yang memiliki kebiasaan membangun konstruksi akan memiliki keterampilan yang lebih berkembang. Salah satunya adalah keterampilan spasial. Lantas, apa yang dimaksud dengan keterampilan tersebut?

Perlu Anda ketahui, bahwa keterampilan spasial merupakan proses mental dalam menyimpan, mempresepsi, mengingat, mengubah, mengkreasi, dan mengomunikasikan sebuah bangun ruang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengembangkan keterampilan anak dengan mainan ini.

Itulah informasi mengenai permainan lego yang dapat Anda ketahui lebih lanjut. Saat ingin membelikan mainan untuk si kecil, maka jangan lupa untuk memilih lego. Dengan begitu, si kecil akan mendapatkan beberapa kelebihan yang sudah disebutkan di atas.

Posting Komentar untuk "Beberapa Kelebihan Permainan Lego Dibandingkan Permainan Lain"